Minggu, 22 Februari 2009

B A N G K I T

M. Toni Akhiyat

Hidup terkadang menempatkan diri kita pada posisi yang kurang menguntungkan. Kegagalan demi kegagalan kadangkala kita alami. Bahkan lebih parah lagi, kita menikmati kegagalan itu hingga tidak ada kekuatan lagi bagi kita untuk bangkit. Lantas bagaimanakah caranya agar kita bisa BANGKIT dari keterpurukan kita?

BANGun Motivasi

Sebenarnya tidak cukup beralasan jika kita takut pada sebuah kegagalan. Kegagalan seharusnya bisa melahirkan motivasi yang kuat. Karena pada hakekatnya kegagalan adalah sebuah pintu pembuka menuju kesuksesan. Jika kita mempunyai harapan tinggi terhadap diri kita ditambah keyakinan akan sebuah keberhasilan, maka prestasi terbaik akan menghampiri kita.

Sikap positif akan bisa merubah segala sesuatu yang beraroma kegagalan. Sebuah kemungkinan akan menjadi kepastian dan keterbatasan bisa menjadi peluang.

Abraham Lincoln adalah manusia sukses yang mempunyai keterbatasan dalam dirinya serta dan kegagalan-kegagalan berulang mengiringi hidupnya. Dia pernah gagal dalam bisnisnya di usia dua puluh dua tahun, setahun kemudian dia gagal dalam pencalonan kepala negara, menderita syaraf di usia ke dua puluh tujuh. Dia juga pernah kalah dalam pencalonan anggota kongres, kalah dalam pencalonan anggota senat, dia juga kalah dalam pencalonan wakil presiden. Namun, pada usianya yang ke lima puluh satu tahun ia terpilin menjadi presiden Amerika Serikat.

Kunci dari keberhasilan Abraham Lincoln adalah karena ia selalu bangkit lagi setiap kali jatuh dan akhirnya mencapai tujuannya, dihormati, dan dikagumi semua bangsa.

Itulah motivasi. Seseorang bisa melakukan sesuatu yang menurut orang lain tidak mungkin. Karena motivasi inilah akan membuat orang tidak lekas menyerah dan bangkit hanya karena kegagalan yang dialami.

Komitmen

Sumber dari sikap komitmen adalah sebuah keyakinan. Sementara, keyakinan yang hakiki adalah keyakinan pada Allah SWT. Keyakinan akan kekuasaan Allah, keyakinan akan karunia, rizqi, musibah, dan lain-lain dari Allah SWT.

Tugas manusia sebagai khalifah di bumi serta beribadah kepada Allah memberikan konsekuensi untuk senantiasa komitmen. Komitmen untuk tidak melanggar syariat Allah, komitmen memakmurkan bumi, komitmen dalam beribadah, dan sebagainya.

Sehingga kesuksesan yang kita miliki adalah kesuksesan yang sholih karena dilandasi oleh aqidah yang kuat, ibadah yang benar, serta akhlaq yang indah.

Inovasi

Semakin sering kita bergerak, maka semakin banyak insprirasi yang akan kita peroleh. Artinya, kegagalah-kegagalan yang kita alami bisa memunculkan sebuah inspirasi baru, jika kita mampu bangkit dari kegagalan itu. Dari inspirasi itulah maka kita bisa berinovasi. Dari sinilah kita bisa mendorong diri kita untuk bangkit dan melakukan gerakan demi gerakan untuk mengais kesuksesan kita.

Taklukkan Setiap Tantangan

Sebuah tantangan, hambatan, ataupun masalah bukanlah hal yang harus kita hindari. Tapi harus kita hadapi dengan mencari solusi. Kematangan seseorang bisa dilihat dari seberapa besar tantangan yang dihadapinya. Semakin besar tantangan yang dihadapinya, dan dia tidak menghindar dari tantangan itu, maka semakin matanglah seseorang. Sebaliknya, jika tantangan yang dihadapi selalu dihindari maka proses kematangan diri akan semakin terhambat.

Salah satu contoh banyak kita lihat di sekitar kita. Pada saat krisis ekonomi sekarang, semakin banyak orang berwirausaha, dan semakin banyak pula orang yang sukses berwirausaha.

Motivasi yang kuat untuk menghadapi setiap masalah akan membangkitkan semangat kita. Semangat mencari solusi, semangat untuk mendapatkan kesuksesan.

Gerak adalah Inspirasi